26 Februari 2011

Fakta Unik Antara Mesir dan Indonesia

Fakta Unik Antara Mesir dan Indonesia
*Indonesia adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Mesir adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia arab.

*Sama-sama pernah dipimpin oleh Diktator selama 3 dekade (30 tahun lebih): Mesir (Mubarak), Indonesia (Suharto).

*Sang Diktator, sama-sama berlatar belakang militer.

*Cara yang dipakai kedua diktator untuk melanggengkan kekuasaannya sama, yaitu sama2 mengandalkan militer, represif, membuat partai status quo yang dominan di parlemen: Mubarak (NDP) & Suharto (Golkar) dan sama2 menggelar pemilu palsu.

*Semua putra kedua diktator tersebut tidak ada yang mengikuti jejak militer ayahnya, seluruhnya mengambil bidang ekonomi untuk jalan hidupnya: anak2 Mubarak (bankir), anak2 Suharto (pengusaha).

*Usia saat rezim diktator berkuasa: Mubarak 53tahun (5+3=8), Suharto 44tahun (4+4=8)
Mesir adalah negara pertama yang mengakui Indonesia, Mesir jugalah negara terakhir yang dikunjungi oleh diktator Indonesia (Suharto).

*Kedua diktator sama2 menghadapi unjuk rasa besar-besaran yang dipelopori oleh pemuda dipenghujung masa jabatannya.

*Icon perubahan sama-sama mengenyam pendidikan pasca sarjananya di Amerika Serikat dan bernama depan Muhammad: Muhammad el Baradei (Mesir) & Muhammad Amin Rais (Indonesia).

*Jelang jatuhya Rezim diktator Indonesia dimulai pada tanggal 13 , 13 tahun kemudian peristiwa yang sama terjadi di Mesir <1998-2011(masih tanda tanya)>.


Estimasi yang akan terjadi pada reformasi Mesir

#Rezim Diktator Indonesia jatuh pada tanggal 21 , 21 hari waktu yang diperlukan untuk menumbangkan rezim diktator Mesir ??

#Rezim diktator Indonesia turun digantikan oleh wakil presidennya (habibie), begitupula dengan Mesir kepada wapresnya Omar Sulaeman??

#Pemerintahan pasca rezim adalah pemerintahan transisi yang tugasnya untuk mempersiapkan pemilu demokratis.

#Selama periode transisi pemerintahan ada 3 kekuatan yang saling berebut pengaruh: Habibie (*Poros Islam, **Poros nasional sekuler & ***Status quo ).. Omar (*Ikhwanul Muslimin, **Barat & ***Status quo )

#Pasca transisi, Reformasi Indonesia dipimpin oleh sosok berlatar belakang Islam namun pemikirannya nasionalis sekuler (Gus Dur)..pasca transisi, Reformasi Mesir dipimpin kelompok Islam namun pro AS & Israel ??

Mungkin akan lain ceritanya, jika yang dilakukan rakyat mesir adalah revolusi islam (seperti di Iran). Sehingga akan ada 3 kekuatan ideologis terbesar di timur tengah:
1. Iran (Republik Islam Syiah)
2. Mesir (Republik Islam Sunni)
3. Israel (Republik Yahudi)