24 Februari 2011

Syarat Daftar Domain Berekstensi Web.id

Syarat Daftar Domain Berekstensi Web.id
Sempat beberapa minggu lalu, sy cek domain ini dlm status unavailable alias sudah ada yg pake. Hari ini cek ternyata domain ini available! What’s wrong? Mengapa bisa berubah dalam hitungan minggu? Setau saya domain kan baru tersedia dalam hitungan tahun, itupun seandainya tidak diperpanjang oleh yg punya sebelumnya.

Begini loh ceritanya…

Setelah contact salah satu provider hosting lokal, ternyata ada syarat khusus untuk membeli domain berektensi .web.id. Sy kira sama saja seperti daftar domain .com, .net yg ngga pake jurus ribet.

Ternyata untuk domain web.id, ada syarat-syarat khusus diantaranya :

1. KTP Penanggung Jawab
2. Tidak boleh berupa nama kota, daerah, propinsi atau nama umum lainnya/trademark.
3. Tidak boleh ada unsur sara, menjelekkan orang lain dll.

Let’s see point nomor 2. Tanjung Benoa? Tanjung Benoa sebenarnya ada sebuah desa (bukan kota sihh..), di kecamatan Kuta Selatan. Tapi apakah akan diapprove? Itu katanya mesti dikirim ke Jakarta dulu dan menunggu persetujuan.

Sy jadi mikir, apa masalah persetujuan itu yg bikin domain www.tanjungbenoa.web.id yg beberapa minggu lalu available, sekarang unavailable. Bisa jadi pengajuan sebelumnya tidak disetujui. Dan selama proses menunggu persetujuan, domain tersebut dalam status tidak bisa dibeli orang lain.

Bagaimana hasilnya? Kata provider hosting dan domain yg juga kawan saya, www.griyahosting.com, silakan cek besok sore ..

Ok lah kalau begitu…