19 Desember 2011

Presiden Korea Utara Kim Jong-il Meninggal

Presiden Korea Utara Kim Jong-il Meninggal - Pemerintah Indonesia telah menyampaikan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya pemimpin Korea Utara Kim Jong-il. Hal ini disampaikan oleh juru bicara kepresidenan urusan hubungan luar negeri Teuku Faizasyah.

"Iya, pemerintah sudah menerbitkan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Kim Jong-il melalui Kementerian Luar Negeri," katanya saat dihubungi VIVAnews melalui sambungan telepon, Senin 19 Desember 2011.

Presiden Korea Utara Kim Jong-il Meninggal
Ditanya tentang pengaruh meninggalnya Kim Jong-il terhadap hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Utara ke depannya, Faizasyah berkata ia tidak dalam kapasitas memberikan pernyataan. Menurutnya, terlalu prematur juga untuk memperkirakan dampak meninggalnya Kim Jong-il.

"Saya rasa masih terlalu dini memperkirakan dampak meninggalnya Kim Jong-il. Sebaiknya kita tunggu saja pernyataan resmi dari Menteri Luar Negeri saja mengenai hal ini," ujar Faizasyah.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il menghembuskan nafas terakhir Sabtu pekan lalu akibat serangan jantung, saat sedang dalam perjalanan dinas dalam sebuah kereta. Putra bungsunya yang masih berusia 20an, Kim Jong-un, disebut-sebut akan naik tahta menggantikan sang ayah.