30 Maret 2011

Fazal Dath Ciptakan Ratusan Lagu Sebelum Wafat

Fazal Dath Ciptakan Ratusan Lagu Sebelum Wafat
Kocim news - Tak hanya menyanyi, sebelum wafar, Fazal Dath diakui sebagai seorang pencipta lagu dangdut andal, yang sukses menciptakan ratusan lagu.

"Dia bilang, 'saya memang sakit fisik, tapi batin saya sangat kuat. Saya masih ingin menciptakan lagu.' Itu yang saya ingat sebelum beliau meninggal," terang Yus Yunus, sahabat dekat Fazal Dath, saat ditemui di rumahduka, di kawasan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (30/3).

Yus Yunus memang sangat dekat dengan Fazal Dath. Beberapa kali Yus dan Fazal menggarap lagu bersama. Bahkan, beberapa kali Yus dan Fazal meluncurkan album duet bersama.

"Beliau tidak pernah kerjasama bikin lagu sama artis lain, kecuali sama saya. Saya mengakui ciptaan lagu beliau luar biasa. Lirik dan musiknya sangat khas. Beliau pencipta lagu dangdut terbaik, setelah Rhoma Irama," puji Yus.

Fazal Dath meninggal di Rumah Sakit Husada, Mangga Besar, Jakarta pada Selasa (29/3) malam. Fazal meninggal akibat penyakit diabetes dan jantung. Sebelum meninggal, pria kelahiran 13 Maret 1953 ini sempat koma selama satu minggu.

Selain penyanyi kondang, Fazal Dath juga terkenal sebagai pencipta lagu andal. Karya-karya Fazal banyak yang menjadi hits dan mencuatkan nama-nama penyanyi seperti Meggi Z, Ine Chyntia dan lain-lain. Yang menjadi ciri khas Fazal Dath, ia selalu memasukan unsur musik India dalam tiap karyanya.

[via - inilah]