28 Agustus 2011

Cara Mengirim Ucapan Lebaran

Kocim - Lebaran sebentar lagi. Inilah momen yang paling tepat untuk saling meminta maaf dan menyampaikan ucapan selamat pada hari yang fitri.

Dulu, cara menyampaikan ucapan seperti itu cukup repot. Sarana untuk penyampaian pun terbatas, yakni kartu Lebaran lewat pos atau telegram indah.

Kini mengirim ucapan hari raya sudah tak terbentur ruang dan waktu. Kapan pun, di mana pun, kepada siapa pun, ucapan bisa dikirim secara instan.

Ya, banyak cara bisa dilakukan untuk mengirim ucapan, dari SMS, BlackBerry Messenger atau BBM, Yahoo! Messenger, hingga lewat situs jejaring sosial Facebook atau Twitter.

Selain instan, sekali kirim pun bisa langsung diterima banyak orang, misalnya pada BBM.

Cara Mengirim Ucapan LebaranPengguna telepon seluler pintar lainnya tentu masih bisa menggunakan aplikasi pesan instan, misalnya Yahoo! Messenger atau WhatsApp.

Lantas, bagaimana dengan pengguna ponsel biasa yang tidak terhubung dengan Internet, tapi juga ingin saling berkirim ucapan Lebaran lewat ponsel?

Menjawab hal tersebut, Telkomsel meluncurkan layanan SMS-Reply-All. Inilah layanan komunikasi dengan banyak orang dalam satu grup.

Layanan ini menggunakan SMS GupShup, yang merupakan produk dari India. Di Indonesia, produk ini dibawa Webaroo, bekerja sama dengan Telkomsel.

“Layanan ini memiliki fungsi yang sama dengan layanan instant messaging, di mana pengguna bisa saling berbalas pesan,” kata bos GupShup, Beerud Sheth.

Layanan SMS GupShup ini sangat bermanfaat saat mengirimkan ucapan Lebaran. Selain mengirim ucapan Lebaran, bisa dilanjutkan dengan mengobrol.

Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan Telkomsel dapat mengirim SMS ajakan chatting ke 9199 dengan menyertakan lima nomor Telkomsel lainnya.

Bagi pengguna BlackBerry atau ponsel cerdas berbasis Android, berkirim ucapan Lebaran tak sekadar kata-kata. Kini Anda juga bisa mengirim kartu Lebaran digital.

Caranya, pasang aplikasi mobile gift bernama Gift&Take buatan Risto Mobile Solutions, pengembang aplikasi mobile yang berbasis di Singapura.

Gift&Take adalah platform aplikasi mobile gift untuk mengirim bingkisan pesan secara personal melalui layanan BlackBerry Messenger 6 (BBM 6).

Pengguna BlackBerry dan pemakai ponsel Android bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di myGIFTnTAKE.com. Juga ada di BlackBerry App World dan Android Market.

“Sekarang BlackBerry App World sudah terbuka, jadi kami masukkan," kata Supervisor Aplikasi Developer Risto Mobile Indonesia, Danang Setiajaya.

Ada banyak tema yang ditawarkan. Cara pengiriman pun bisa single-send, dikirim ke satu orang saja, atau multi-send, ke banyak orang dalam satu grup.

Selain itu, bingkisan bisa dikirim ke dinding Facebook si penerima. Kartu Lebaran ini bisa dibuka, baik melalui laptop maupun ponsel.

Memang, banyak cara mudah untuk mengirim ucapan maaf dan Lebaran kepada relasi, keluarga, atau kerabat. Tapi sudahkah Anda mengirimnya?

[via - Tempointeraktif.Com]