23 September 2011

Bayi Berkepala Dua Lahir Lewat Operasi Caesar

Bayi Berkepala Dua Lahir Lewat Operasi CaesarKocim - Seorang bayi di Kabupaten Bandung, terlahir dalam kondisi berkepala dua. Meski memiliki satu tubuh, dan dua kepala, bayi berjenis kelamin perempuan itu dalam kondisi selamat.

"Bayi lahir diketahui memiliki satu tubuh, satu kelamin, sepasang tangan, sepasang kaki, namun berkepala dua dalam kondisi hidup dua-duanya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Ahmad Kustijadi, melalui pesan singkatnya, Kamis (22/9/2011).

Ahmad menuturkan bayi tersebut lahir dengan berat badan 4.400 gram lewat operasi sectio (caesar) di RSUD Majalaya Kabupaten Bandung pada Selasa 20 September 2011 sekitar pukul 15.00 WIB.

Orang tua bayi Ny T (30) dirujuk dari seorang bidan desa ke RSUD dengan indikasi beresiko tinggi karena letak bayi sungsang dan besar.

"Saat di USG di RSUD Majalaya diketahui bayi tersebut kembar siam. Bayi kemudian dilahirkan secara sectio dengan anomali kongenital dan asfiksia berat," kata Ahmad.

Namun karena kondisinya berat, bayi dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

"Sebelum dirujuk ke RSHS, bayi sempat distabilkan dulu di RSUD Majalaya semalam, setelah tidak sesak dan diindikasikan tak ada sianosis (sulit bernafas) baru dibawa ke RSHS," tutupnya.

[via - okezone.com]