07 Februari 2012

Cici Tegal

Cici TegalCici Tegal - Jaksa KPK mengungkap ada aliran uang hasil korupsi Depkes tahun 2007 mengalir ke pengajian artis, yang dipimpin Cici Tegal. Artis bernama asli Sri Wahyuningsih ini mengaku tidak tahu dana yang digunakannya untuk pengajian itu merupakan 'duit panas'.

"Nggak tahu. Kalau tahu gila aja lu buat pengajian," tutur Cici kepada wartawan sebelum diperiksa penyidik KPK, di kantor KPK, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2012).

Cici mengaku menerima uang senilai Rp 500 juta dari Depkes. Oleh karena itulah, hari ini dia diperiksa sebagai saksi untuk mantan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis di Depkes.

"Buat saksi aja, karena nerima," tutur Cici yang mengenakan kerudung warna abu-abu dan kacamata hitam.

Sebelumnya, dalam persidangan kasus dugaan suap korupsi alat kesehatan di Depkes pada 2007 beberapa waktu lalu terungkap adanya aliran dana yang mengalir ke pengajian artis yang dipimpin artis Sri Wahyuningsih alias Cici Tegal.

Hal itu terkuak dalam dakwaan mantan Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan (Sekjen Depkes) Sjafii Ahmad di Pengadilan Tipikor. Dalam dakwaan tersebut Sjafii memberikan cek multi guna (CMG) BNI senilai Rp 500 juta ke Cici Tegal. Tujuannya untuk pengajian gerak hijrah pimpinan Cici.

Cici sendiri sebelumnya pernah diperiksa KPK bersama artis Mediana Hutomo. Kala itu artis berlogat khas Tegal, Jawa Tengah ini mengakui menerima dana sebesar 500 juta dari Depkes.

Di samping itu, Direktur LBH Kesehatan Iskandar Sitorus juga disebut kecipratan aliran dana dari Sjafii sebesar Rp 100 juta. Dana tersebut sebagai kompensasi sanggahan yang disampaikan oleh PT Putra Lakopo Perkasa terkait pengadaan 37 unit alat rontgen portable.