21 Februari 2011

J-Rocks Gandeng Gitaris Asal Medan

J-Rocks Gandeng Gitaris Asal Medan
Nada penutup lagu berjudul Lepaskan Diriku, baru saja usai. Sony Ismail Robbayani, biasa disapa Sony, mendadak turun dari panggung. Gitaris band J-Rocks ini menyambar mikrofon dan bertanya pada penonton.

"Ada yang bisa main gitar lagu J-Rock?" katanya. Serentak puluhan tangan teracung. Sony memilih seorang di antaranya. "Tolong main satu lagu dulu gantiin saya, ya. Saya mau ke toilet sebentar," ujarnya menambahkan.

Seketika ballroom Aryaduta Hotel dipenuhi suara tawa ratusan penonton.

Konser bertajuk A Mild As You Like it yang digelar Sabtu (19/2/2011) malam ini memang dikemas dalam konsep yang sangat unik. Interaksi antara artis dengan penonton dibuka selebar-lebarnya. Apa yang dilakukan Sony tadi hanya satu dari sekian banyak "tingkah" para personel J-Rock, band bergenre Japanesse Rock asal Jakarta.

Hebatnya, semua dilakukan dengan sungguhan. Sony betul- betul pergi ke toilet dan penonton itu menjadi personel J-Rocks. Walau kikuk, ia mampu memainkan gitar untuk lagu Sendiri Lagi yang musiknya diaransemen ulang dengan sentuhan R&B.

Anton yang duduk di belakang perangkat drum, kemarin juga mendapuk diri sebagai penyanyi. "Suara gue emang fals, tapi karena diminta oleh A Mild dan temen-temen, gue akan menyanyi. Lagunya lagu kesukaan gue, Unpredictable dari Green Day," ujar Anton. Jika Anton menyanyi, maka Iman, sang vokalis malah bermain biola. "Gue sebenarnya sudah bisa dari dulu. Tapi kalau untuk tampil di depan umum baru kali ini," katanya.

Interaksi ini terkadang bahkan dilakukan di tengah-tengah lagu. Tapi yang lebih mengagumkan adalah, segala kerumitan tersebut, termasuk di antaranya foto-foto bersama dan memberikan tanda tangan, tidak lantas mengacaukan performa artis dan stage konser secara keseluruhan.

J-Rock tampil membawakan 12 lagu yang diambil dari tiga album mereka, plus dua lagu daerah berjudul Sinanggar Tulo dan Manuk Dadali, serta sebuah remake lagu yang sangat populer di pertengahan 1980-an, Madu dan Racun.